PERILAKU ORGANISASI
PENGANTAR PRILAKU
ORGANISASI
A. KONSEP PRILAKU ORGANISASI
a. Organisasi : sistem kerjasama
sekelompok orang yang mempunyai aturan &
keterikatan tertentu untuk mencapai tujuan yang
telah ditentukan.
b. Perilaku : sikap &
tindakan (behavior; way of thinking or behaving)
c. Ilmu Perilaku Organisasi : ilmu tentang perilaku tiap
individu & kelompok, serta pengaruh individu & kelompok terhadap
organisasi, maupun perilaku interaksi antara individu dengan individu, individu
dengan kelompok, serta kelompok dengan kelompok dalam organisasi demi
kemanfaatan suatu organisasi.
B. CARA PANDANG KESISTEMAN
a. Sistem Tertutup : hasil adalah selalu buah dari suatu
usaha, dan manusia adalah bagian dari mesin organisasi yang kompleks.
b. Sistem Terbuka : kekuatan yang berupa perasaan, norma, dan sikap berpengaruh terhadap perilaku
seseorang dalam
organisasi.
C. RUANG LINGKUP PRILAKU
a. Hart & Scott : para ahli mempunyai pra-anggapan
terhadap perilaku
manusia
b. Copernicus : matahari sebagai pusat
tata surya / heliosentris
c. Darwin : teori evolusi
d. BF Skinner : tindakan manusia di
pengaruhi lingkungannya
e. Machiavelli : autokratis (lebih baik ditakuti daripada di
cintai).
D. TEORI PRILAKU
a. Spesialisasi
b. Hierarki
c. Prosedur / aturan
d. Hubungan kerja impersonal
e. Promosi & penghasilan
E. PRILAKU ORGANISASI DALAM MANAJEMEN
a. Manajemen Tradisional : Setiap individu memiliki perilaku tertentu
dalam perencanaan, organisasi, penggerakan, dan pengawasan
(POAC); Setiap kelompok mempunyai
karakteristik tertentu dalam berinteraksi di dalam maupun antar
kelompok/instansi/unit kerja,
b. Manajemen Berdasar Sasaran : setiap idividu atau
kelompok memiliki interest tertentu dalam menentukan sasaran kerja tiap unit dan bahkan
sasaran organisasi.
c. Manajemen Stratejik : Setiap individu atau kelompok memiliki pandangan yang berbeda dalam
menganalisa lingkungan, penentu visi dan misi, perumusan strategi, implementasi
strategi, maupun pengendalian strategi.
d. Manajemen Mutu Terpadu (TQM) : Setiap individu atau kelompok
memiliki tolok ukur mutu yang berbeda dan memiliki komitmen mutu yang berbeda
pula.
F. NILAI KEPUASAN KERJA
a. Prinsip dasar nilai yang dimiliki setiap individu.
1. Pengertian nilai : keyakinan dasar bahwa suatu modus
perilaku tertentu lebih disukai secara pribadi atau sosial dibandingkan modus
perilaku lainya.
2. Sistem Nilai : suatu hierarki
yang didasarkan pada suatu peringkat nilai-nilai seorang individu dalam hal intensitasnya.
3. Sumber Nilai : orang
tua/keluarga; masyarakat; pendidikan.
4. Hubungan nilai & perilaku :
a) Sistem nilai yang dianut seseorang akan berpengaruh
thd perilaku seseorang karena nilai mempengaruhi sikap dan sikap mempengaruhi
perilaku.
b) Seseorang yang memiliki sistem nilai lebih tinggi
cenderung berperilaku lebih terkendali dibanding seseorang yang memiliki sistem
nilai lebih rendah.
c) Seseorang yang memiliki sistem nilai yang berbeda akan
mempengaruhi pandangan tentang mutu suatu tindakan
b. Tekanan psikologis
1. Suatu keadaan dimana seseorang tidak mampu memberi
jawaban secara wajar & tepat terhadap rangsangan dari sekitarnya, atau
mampu tetapi dengan biaya yang terlalu besar seperti kelelahan kronis,
tertekan, khawatir, gangguan fisik, gangguan syaraf atau kehilangan harga diri.
2. Penyebab tekanan psikologis
a) Kurang diterima di lingkungannya
b) Jenjang hierarki/strata sosial
c) Kompetisi
d) Ketidakpastian peranan
e) Perubahan
3. Bentuk Tekanan
a) Frustasi
b) Cemas
c) Rendah diri
c. Kepuasan Kerja Individu
1. Rasa Senang dan Puas Selama dan
Setelah Melakukan Suatu Pekerjaan
2. Hal-Hal yang Menentukan Kepuasan Kerja : Imbalan yang
pantas; Kondisi kerja yang mendukung; Kesesuaian antara kemampuan dan level
kesulitan kerja; Kesesuaian antara kepribadian dan jenis pekerjaan; Melakukan
pekerjaan yang secara mental menantang.
d. Motivasi individu
Proses pengembangan dan
pengarahan perilaku agar individu menghasilkan keluaran/output yang diharapkan,
sesuai dengan sasaran atau tujuan yang ingin dicapai.
G. MODEL PRILAKU ORGANISASI
a. Tingkat INDIVIDU
1. Karakteristik yang dibawa oleh
individu ke dalam organisasi, seperti misalnya persepsi, kepribadian, motivasi.
2. Hal-hal dalam organisasi, yang
bisa mempengaruhi sikap, persepsi, motivasi, dan kepuasan kerja individu.
3. Kepribadian dan implikasinya pada
perilaku dan performansi di tempat kerja.
b. Tingkat KELOMPOK
Pokok
bahasan pada tingkatan ini terutama mengenai Dinamika Kelompok, termasuk di
dalamnya antara lain : uraian tentang pembentukan kelompok, proses-proses yang
terjadi dalam kelompok, keterpaduan kelompok, kompetisi dan konflik.
c. Tingkatan ORGANISASI
Yang
dibahas dalam tingkatan ini,antara lain adalah :
1. Bagaimana pengaruh dari ukuran organisasi,
2. Iklim organisasi,
3. Kebijakan organisasi,
4. Tingkat hirarki dalam organisasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar